Tips Food and Beverage di Hotel

Menyediakan makanan untuk tamu hotel pada kenyataannya jauh lebih tinggi tantangannya dibandingkan dengan tamu di rumah makan atau restoran. Karena yang menjadi taruhan bukan hanya nama baik bagian food and beverage hotel, namun juga rating hotel di kalangan pengunjung.

Berikut ini sejumlah tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kualitas layanan food and beverage anda:

Waspadai tren yang terus berganti

Di jaman now, makin banyak orang yang kian kritis akan makanan yang dikonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh makin tingginya tingkat kesadaran terhadap makanan sehat. Inilah yang membuat banyak pebisnis food and beverage mulai mencari bahan makanan lokal yang lebih segar dibandingkan harus mengimpor dari luar negeri.

Tren lainnya yang harus diperhatikan adalah pengaruh sosial media. Makin banyaknya orang yang memposting makanan di sosial media seperti Facebook dan Instagram bisa anda manfaatkan sebagai media promosi gratis.

Jangan takut tampil beda

Tujuan orang berlibur adalah mendapatkan pengalaman tak terlupakan di lokasi wisata. Di antara pengalaman tersebut salah satunya adalah makanan yang disantap. Para wisatawan sudah pasti akan mencari makanan yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut.

Di sinilah kreativitas food and beverages anda bermain. Jangan ragu untuk mempersembahkan menu yang beda dari biasanya kepada para tamu hotel anda. Kerahkan chef anda yang punya kreativitas tinggi dan bereksperimen dengan bahan-bahan lokal di daerah anda.

Perlakukan tamu anda seperti keluarga sendiri

Bisa dibilang hal inilah yang paling sulit dilakukan. Meski anda sedang dirundung masalah, anda harus menunjukkan wajah dan perilaku terbaik di depan tamu hotel. Intinya, anggap tamu anda seperti keluarga yang sedang berkunjung ke rumah untuk makan bersama.

Beri perlakuan yang sama kepada setiap tamu. Berikan senyum, sapa, dan kehangatan yang sama tanpa memandang penampilan tamu anda. Karena belum tentu mereka yang datang dengan kaos oblong dan sendal jepit dompetnya tak lebih tebal dibandingkan mereka yang berjas dan berdasi.

Perlakukan restoran hotel anda seperti bisnis yang unik

Mencari review hotel atau restoran di jaman sekarang ini semudah membalikkan telapak tangan. Cukup membuka sebuah aplikasi, maka anda bisa melihat apa saja pendapat dari pengunjung hotel atau restoran tersebut terhadap pelayanan atau kualitas makanan yang disajikan.

Maka dari itu, tak bijak jika anda menggabungkan restoran atau bar yang ada di hotel anda dalam satu halaman media sosial. Karena jika salah satu saja memiliki review negatif, maka seluruh unit bisnis anda akan terkena dampaknya.

Perbaiki manajemen restoran hotel

Tips terakhir untuk bagian food and beverage di hotel anda adalah dengan meningkatkan kualitas manajemen hotel. Pengelolaan sumber daya manusia, inventory, serta layanan pelanggan adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari hotel. Maka dari itu, aspek ini juga berlu mendapatkan perhatian khusus dari anda.

Salah satu metode yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan manajemen restoran hotel adalah dengan menggunakan software restaurant. Dengan bantuan sistem ini, pengelolaan bahan makanan, staf dan pegawai anda, serta customer service bisa diotomatisasi dan berjalan dengan lebih lancar. Hal ini akan turut membantu meningkatkan kinerja karyawan anda.